Blog ini berisi berbagai informasi dan tips-tips menarik mengenai Ragnarok Online...^Happy RO^....

Feb 4, 2010

Skills : Ability and Potentiality

Bookmark and Share
.di dalam Ragnarok Online... tiap job memiliki skillnya masing²,
.skill² berbeda tiap karakternya,
.namun ada pula suatu skill yang dimiliki oleh 2 karakter,
.contohnya [Safety Wall] yg dimiliki oleh Mage ataupun Priest,
.begitu juga dengan skill [Heal] yg dimiliki oleh Priest & Defender,
.namun secara umum.. skill merpakan ciri khas sebuah karakter.

.secara keseluruhan skill digolongkan dalam 3 hal,
.yaitu: Range (jarak serang), Jumlah Target, & Aktifasi Serang.
.berikut ini akan dijelaskan secara terperinci tentang pembagian tersebut:






Range
Range skill terbagi menjadi 3, yaitu:
Skill Jarak Jauh:
Skill ini biasanya digunakan oleh kelas Archer & Gunslinger juga termasuk Ninja tipe throwing. Jarak serang bisa ditambah dengan menaikkan skill tertentu (kecuali pd Ninja). Ciri khas skill ini adlh tdk mampu menyerang target yg dilindungi oleh [Pneuma]. Efektif ketika melawan monster immobile (atau monster yg terjebak oleh trap Hunter). Contoh: [Double Strafe], [Dust], [Rapid Shower], [Throw Shuriken], [Throw Kunai] dll.
Skill Jarak Menengah:
Skill ini disebut juga skill magic. Biasanya digunakan oleh kelass Mage & Acolyte (pd Monk tdk seluruhnya magic). Ciri khasnya adlh terdapat casting-bar di atas karakter. Lama proses ini ditentukan oleh tingginya Dex caster (kecuali skill² tertentu). Efektif melawan monster yang tidak berbentuk. Contoh: skill yang berakhiran [-Bolt], [Frost Driver], [Ice Wall], [Fire Wall], [Jupitel Thunder], dll.
Skill Jarak Dekat:
Skill ini disebut juga skill fisik. Biasanya digunakan oleh karakter yang memiliki Str tinggi spt kelas Swordman. Ciri khasnya adlh weapon yang digunakan u/ menyerang target bersentukah langsung dengan targetnya. Efektif melawan monster yang Def-nya rendah. Contoh: [Bash], [Mammonite], [Pierce], [Brandish Spear], dll.





Jumlah Target
Target Skill terbagi menjadi 2, yaitu:
Skill Target Tunggal:
Skill ini memiliki target hanya 1. Seluruh Skill Archer (kecuali skill [Arrow Shower]) & Swordman (kecuali skill [Magnum Break]). Target Klik skill jenis ini adlh target itu sendiri. Efektif menghadapi target tunggal. Contoh: [Double Strafe], [Envenom], [Mammonite], bahkan skill pamungkas Creator [Acid Demonstration] juga termasuk skill tipe ini.
Skill Target Area:
Skill ini memiliki target tidak hanya satu. Maksudnya sekali pakai banyak target yang terkena efek skill ini. Skill semacam ini banyak dimilii oleh karakter spellcaster tipe tinggi seperti Wizard. Efektif mengatasi target solider & monster slave dari boss. Contoh: [Storm Gust], [Lord of Vermilion], [Magnum Break], [Bowling Bash], [Tornado Kick], dll.





Aktifasi Serang
Skill tipe ini terbagi menjadi 3, yaitu:
Skill Aktif:
Skill yang digunakan pada target secara langsung. Skill [Ankle Snare] juga termasuk skill ini. Icon skill ini biasanya tdk berwarna putih. Contoh: Skill tipe ini biasanya di-drag ke tombol F1-F9.
Skill Pasif:
Skill tipe ini tidak bisa digunakan kepada terget secara langsung. Efek skill ini hanya kpd penggunanya saja & bersifat permanen. Icon skill ini biasanya berwarna putih (kecuali pd Gunslinger & Ninja). Contoh: [Owl's Eye], [Vulture's Eye], [Increase HP/SP Recovery], [Katar Mastery], dll.
Skill Support:
Skill tipe ini memberikan efek positif yang bersifat sementara thd target (disebut juga buff). Skill ini banyak dimiliki oleh kelas Acolyte (kecuali Monk) & Soul Linker. Contoh: [Blessing], [Increase Agi], [Imposito Manus], [Kyrie Eleison], skill Soul Linker yang berawalan [Ka-], dll.
Skill Produksi:
Skill tipe ini tidak bisa digunakan terhadap target player ataupun monster. Akan tetapi, skill tipe ini dapat memproduksi barang yang membantu pare player. Banyak dimiliki oleh Blacksmith & Alchemist. Contoh: [Aqua Benedicta], semua skill yang berakhiran [-Tempering], semua skill yang berawalan [Smith-], [Pharmacy] & [Vending] juga termasuk tipe ini.


.begitulah penjelasannya,
.terkadang ada satu skill yang bisa masuk ke beberapa kategori,
.misalnya [Storm Gust] yg bisa masuk Skill Jarak Menengah (magic) & Skill Area,
.atau [Sanctuary] yg masuk Skill Support, Skill Jarak Menengah (magic), & Skill Area.

.kategori di atas belum temasuk atribut skill,
.para spellcaster pd umumnya memiliki 4 jenis atribut (Fire, Water, Earth & Wind),
.lalu Priest biasanya memiliki atribut Holy,
.sedangkan Assassin atributnya Poison.
.cukup complicated memang,
.tp begitu Qt tahu fungsi utama dari skill tsb.. maka akan mudah menenukan penggunaannya.


.sekian dlo ya tips & trics dr Master Seth,
.seperti biasa..,
.klo ad request postingan atw pertanyaan,
.tulis aj di Shoutmix sebelah,
.tp jgn lupa cantumin alamat web kalian (klo punya).

.Post by Ragnarok-Tips